Empat Tahun lagi, NASA Yakin Temukan Planet seperti Bumi


WASHINGTON--MI: Para astronom mengatakan bahwa mereka hampir menemukan planet mirip Bumi yang juga mengorbit bintang lain. Ini tentunya menjawab pertanyaan kita selama ini: apakah kita selama ini sendirian di alam semesta?

Seorang pejabat NASA dan ilmuwan terkemuka lain menjabarkan dalam 4-5 tahun, mereka pasti menemukan sebuah planet mirip Bumi. Bahkan, sebuah planet berukuran serupa dengan Bumi mungkin dapat ditemukan pada tahun ini juga bila teleskop luar angkasa yang baru dapat segera digunakan.

Dalam konferensi Komunitas Astronomi Amerika pada minggu ini, banyak penemuan planet di luar tata surya kita (eksoplanet) menunjukkan hal yang sama, yakni planet yang tenang seperti Bumi dengan kehidupan yang dapat berkembang. Akan tetapi, banyak juga yang hancur karena ledakan bintang, black hole, atau bertabrakan dengan galaksi lain.

Teleskop terbaru NASA Kepler bersama dengan beberapa penelitian terbaru terkait dengan penemuan eksoplanet menjadi topik hangat dalam konferensi itu. "Pertanyaan dasarnya adalah apakah kita sendirian? Untuk pertama kalinya, ada optimisme untuk dapat mengetahui jawabannya hingga ke dasar," kata Simon 'Pete' Worden, astronom yang mengepalai Ames Research Center. "Saya bertaruh kita tidak sendirian. Ada banyak kehidupan di alam semesta ini," ujarnya.

Tidak seperti teleskop luar angkasa Hubble, Kepler adalah teleskop yang dikhususkan sebagai pemburu planet. Pada teleskop ini, terdapat satu-satunya alat yang dapat mengukur cahaya hingga lebih dari 100 ribu bintang dan mengawasi penyebab redupnya cahaya planet itu.

Pada 1990-an, astronom menemukan sepasang planet tiap tahunnya. Dalam beberapa dekade belakangan, ditemukan sepasang planet setiap bulan. Berkat teleskop Kepler, tahun ini, planet baru ditemukan setiap hari. Jumlah eksoplanet yang ditemukan sudah sekitar 400, tapi tak satu pun yang memiliki komponen sesuai untuk kehidupan. (AP/*/OL-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.