BAHAN KIMIA DALAM MAKANAN

Makanan instan atau cepat saji memang enak dan mudah dibuatnya. Rasanya yang gurih dan mengundang selera selalu menjadikan minat tersendiri untuk memakan makanan instan. Tapi tahukah Anda kandungan bahan kimia dalam makanan tersebut? Untuk apa sebenarnya bahan kimia yang ditambahkan pada makanan, manfaat serta bahaya dari bahan kimia tersebut.


Fungsi Bahan Kimia Dalam Makanan

Bahan kimia dalam makanan ini disebut juga sebagai zat aditif. Bahan-bahan kimia tersebut ditambahkan dalam proses pembuatan makanan dengan beberapa tujuan, yaitu :

* Untuk mengawetkan makanan. Produk makanan yang sudah jadi tidak akan bertahan lama kecuali diberi tambahan pengawet. Walaupun pengemasannya rapi dan tertutup rapat tetap saja membutuhkan bahan kimia yang dapat mengawetkan makanan agar tidak cepat rusak.
* Untuk memberikan warna pada makanan. Pemberian warna pada makanan bertujuan untuk memperbaiki penampilan dari makanan atau untuk mempercantik makanan agar seperti aslinya.
* Untuk menambahkan rasa pada makanan. Biasanya digunakan pemanis buatan maupun penyedap untuk menambahkan rasa gurih pada makanan. Contohnya antara lain: MSG atau Monosodium glatamate sebagi penyedap.
* Untuk menambahkan aroma pada makanan. Pemberian aroma ini untuk membuat produk makanan lebih mirip seperti aslinya. Contohnya seperti penggunaan aroma buah-buahan.


Bahan penambah dalam makanan ini bisa berasal dari bahan alami yang diambil dari buah atau sayuran segar, tapi ada juga yang merupakan bahan sintetik atau buatan. Nah, bahan sintetik inilah bahan kimia dalam makanan.


Manfaat Bahan Kimia Dalam Makanan

Pengolahan makanan memang memerlukan penanganan yang khusus. Kebutuhan masyarakat akan makanan yang tahan lama dan siap saji ikut mendukung penggunaan bahan kimia ini. Dengan menggunakan bahan kimia dalam makanan dapat menjaga ketahanan makanan dalam jangka waktu yang cukup lama, mencegah rusaknya makanan dan memberikan rasa atau aroma.


Bahaya Bahan Kimia Dalam Makanan

Penggunaan bahan kimia dalam makanan ini menjadi berbahaya bagi kesehatan, jika:

* Dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama dan terus menerus
* Dosis bahan kimia yang digunakan melebihi standar bahan kimia yang diperbolehkan dalam makanan
* Bukan menggunakan bahan kimia makanan tapi bahan kimia untuk produk lain seperti untuk tekstil.


Dampak yang akan ditimbulkan akan sangat luas dari bahan kimia dalam makanan ini jika tidak mengikuti aturan yang berlaku. Banyak penyakit yang timbul akibat bahan kimia ini antara lain : radang tenggorokan, kerusakan ginjal, kanker usus dan lainnya.

Nah, tidak ada salahnya kan kita berusaha untuk hidup sehat. Makanlah makanan yang bersumber dari bahan alami, yang lebih sehat dan bergizi baik. Memang perlu waktu dan lama dalam pengolahannya, tapi lebih menyehatkan. Kesehatan itu mahal,lho! Mulailah hidup sehat ya!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.